Senin, 07 Januari 2013

PostHeaderIcon LAPORAN TAHUNAN



LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT LAPORAN TAHUNAN MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL

Bingung buat Laporan Tahunan?

Di Blog ini disediakan cara dan langkah bagaimana membuatnya . . .
Anda bisa men-download laporan tahunan yang telah saya buat, silahkan klik disini dan anda juga bisa melihat tulisan ini di blog saya yang lain, silahkan klik ini .

Laporan Tahunan ini dibuat dengan menggunakan program Microsof Excel. Microsoft Excel adalah program aplikasi yang digunakan untuk membantu menghitung, memproyeksi, menganalisa, dan mempresentasikan data.

Langkah – Langkah membuat Laporan Tahunan dengan Mc. Excel

Selamat Membaca

1.  Masuk ke Mc. Excel

cara : Jalankan MS Windows, Setelah masuk ke Windows, klik tombol Start. Pilih Programs dari menu utama yang tampil,  Klik Microsoft Excel. Lihat Gambar 1

“silahkan klik disini untuk mengetahui dan mendalami apa Mc. Excel”

2.  Setelah Mc. Excel terbuka, tambahkan SHET terlebih dahulu. Jumlah SHET sesuai kebutuhan, pada contoh laporan diatas ada 20 shet. Buatnya dengan cara klik kanan> insert> wordset, Ok atau dengan menekan ctrl+F11.

3. Beri nama shet sesuai keinginan,
dengan cara klik kanan pada shet > rename ketik dengan nama yang diinginkan.

4.  Beri warna pada TAB SHET agar terlihat menarik, dengan :
klik kanan> tab shet> pilih warna sesuai selera/kebutuhan kamu.

5.  Memanggil Sel
Maksudnya disini biar kita gak repot-repot buka data pada shet yang lain, jika kita ingin memasukkan data yang sama. Misalnya bulan Januari, kita bikin nama JAN biar gak susah ngetik pada sel selanjutnya. Selengkapnya silahkan download file yang telah saya buat, agar kalian lebih memahaminya.
6.  Menggabungkan beberapa sel
Blok sel yang ingin kamu gabungkan dengan syarat selnya dekatan.

A
B
C
D
1



2






             blok table yang ingin digabungkan, klik kanan, ambil Merge Sel.
Sehingga menjadi seperti ini :     
A
B
C
D
1

2



·        

Untuk mengatur tulisan atau isi sel biar d tengah,
Ini ni TIPS nya ^^

caranya : klik kanan atau cari aja cel aligment or klik kanan, format sel, klik tab aligment.. atur deh!!! Or lansung aja pada menu merge sel & center. Klo ingin batalin penggabungan tinggal klik lagi gambar merge cell,, gunakan f4 untuk sel selanjutnya yang akan di gabung

7.  Memberi Warna Cel
Blok sel yang ingin di beri warna,
Klik kanan> theme color> pilih gambar warna tumpah di samping font > Pilih deh warna> klik double or enter

8.  Menghapus dan mengedit data sel
Klik atau blok sel yang ingin di hapus, klik kanan> delete atau klik menu edit> format> clear

9.  Menyalin data dengan AUTO FILL, yaitu fungsi untuk membuat List penomoran, nama, bulan, dan hari secara otomatis.
Misalnya untuk membuat beberapa nomor, dilakukan Auto Fill agar tidak terlalu repot mengetikkannya kembali.
Caranya :
·         Letakan sel pada pointer yang akan di copy, lalu bawa pointer mouse ke sudut kan bawah sel
·         hingga muncul tanda +
               Klik Kota Kecil yang ada di bawah
·         Maka akan tampil seperti ini

·         Lalu pilih Fill Series, maka secara otomatis terurut seperti ini.
 
10.     Memberi COMENT/PENJELASAN pada sel, dengan cara :
klik kanan sel yang ingin diberi keterangan > Insert koment tulis koment > Atur format coment sesuai selera > Pindah ke sel lain secara otomatis coment akan tersimpan dan tampil setiap membuka sel..

11.     Mengatur Format tampilan angka ,
Cara :  1. Sorot or blok 1 ato lebih sel yang akan d format
2. Klik  kanan, format sel (ctrl 1)
3. Pada kotak format sel klik tab number
4. Pilih kategori format yang diinginkan
v  Decimal place           : menentukan jumlah angka decimal
 v  Use 1000 separator :  menentukan pemakaian pemisahan      ribuan atau tidak
 v  Negative number      :  menentukan format angka negative yang diinginkan mis  -1234
 v  Currency                :  membantu member lambing mata uang jg anda ingin memasukan keterangan uang
Klik ok jika format selesai d tentukan

12.     Membuat bingkai table
1.  Blok sel yang ingin di beri bingkai,
2.  Klik icon bolder pada menu format or format sel
3.  Pilih bolder yang diinginkan. sesuaikan bentuk garis dan warna yang diinginan.

13.     Menyalin data sel
1.  Blok sel >klik kanan> copy u/ menyalin dan cut u/ memindahkan
2.  Sorot lokasi tempat hasil yang diinginkan
3.  Klik kanan> paste atau tekan ctrl+v

Catt :
Bila semua sel pada shet klik kanan pada tanda yang berada antara penunjuk sel colom dan baris dan lakukan sesuai langkah di atas salin pada shet yang di pilih

14.     Menggunakan RUMUS atau FUNGSI
Catt : harus selalu di awali =

Dengan cara :
1.  Tempatkan pada posisi yang diinginkan,
2.  Ketik =
3.  Masukan formula : sum (jumlah), average (rata2), dll         Buka kurung klik sel pertama, (sel kedua) yang ingin di jumlahkan tutup kurung

Contoh :  =sum(A5,(B3)) atau menjumlah sel yang memiliki rentang yang berdekatan mis B1, B2, B3, B4. KETIK = blok sel, lalu cari menu SUM pada FORMULA, AUTO SUM, hasil akan tertulis dibawahnya atau pd samping sel yang di blok, Enter Atau bisa juga =sum(B1:B4) begitu juga untuk average

logika if digunakan untuk memberi syarat pada perintah dengan menggunakan pembanding:
= sama dengan
< kecil dari
>  besar dari
<= kecil atau sama dari
>= besar atau sam dari

Contoh : =IF(I7<I$18,"BINA","-")
Artinya bila data pada I7 kecil dari 18 maka perlu di “BINA” dan jika tidak perlu dibina maka akan muncul tanda “–“

Catt : $ digunakan bila pada saat menggunakan auto fill, 18 tetap dipakai tidak berubah menjadi 19. Atau bisa juga diganti dengan memanggil nama sel contoh td JAN

15.     Membuat GRAFIK
blok sel yang dinginkan, insert chart atau klik icon wizart chart, pilih grafik yang diinginkan pada chart type, atur grafik. klik kanan grafik atau sesuai format yang didinginkan.
Cara ini hampir sama dengan membuat grafik pada Mc. Word
·         Merubah Type Grafik
klik kanan change chart type & pilih chart yang diinginkanJ
·         Memberi judul dan merubah warna area
klik kanan area kosong grafik, pilih format chart area klik font, dan patern untuk memilih warna latar judul atau grafik
·         Memindahkan grafik
klik tahan area geser mouse hingga grafik ikut berpindah, lepas mouse pada area yang diinginkan
·         Menghapus grafik
klik grafik dan delete

16.     Menghilangkan COLOM dan BARIS yang tidak digunakan
Cara :  1. Blok baris yang tidak digunakan
   2. Bila sel baris setelah sel  yang diisi data tekan   ctrl+shift+panah kiri kanan atas bawah pada penunjuk sel
   3. Klik format, hide row u/ baris dan hide coloum u kolom .
Bila batal klik unhide row/coloum
17.     Memberi PROTECT  pada shet, supaya shet kita aman, tidak   diganggu gugat, dan tidak bisa dirobah.
1.  Format > protect sel
2.  Contreng sesuai bagian yang ingin d protect
3.  Masukan password
4.  Klik ok
5.  Menghilangkan protect klik unprotect dan masukan password

18.     LOCK SEL . Ini gunanya supaya formula kita ngak bisa dirubah oleh siapapun. Caranya :
Pilih Format sel > contreng lock > Klik Ok

0 komentar:

Posting Komentar

Instagram

Laman

My Blog


Liri Sisca Wulandari Copyright © 2013 l Template created by LSW l. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

Recent Posts

BAKULDATA

Download

http://www.ziddu.com/download/21293136/jurnalfkunand.pdf.html
Icon Icon Icon

Jurnal Search Enginge

Loading
Chococat is a registered trademark of Sanrio Co., Ltd. ("Sanrio"), and the images are copyrighted by Sanrio.
Domo-kun Waving His Hands